Perkembangan Fisik Dan Pola Ruang Kota Pada Kawasan Perkotaan Luwuk Di Kabupaten Banggai

Authors

  • Deltri Dikwardi Eisenring Universitas Tadulako
  • Muhammad Najib Universitas Tadulako
  • Amar Universitas Tadulako
  • Annisa Putri Magfira Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.28

Abstract

Kawasan perkotaan Luwuk, yang terletak di Kabupaten Banggai, mengalami perkembangan fisik dan pola ruang yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Studi ini bertujuan untuk mengkaji dinamika perubahan fisik serta pola ruang kota dalam konteks perkembangan urbanisasi di kawasan tersebut dari tahun 2010-2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui analisis deskriptif-analitis dengan mengumpulkan data primer melalui survei lapangan dan wawancara dengan pemangku kepentingan terkait, serta data sekunder dari instansi terkait dan literatur terkini.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan perkotaan Luwuk telah mengalami transformasi fisik yang signifikan, ditandai dengan pertumbuhan jumlah bangunan komersial dan perumahan yang pesat, serta perluasan infrastruktur publik seperti jalan dan fasilitas umum lainnya. Perubahan ini dipicu oleh berbagai faktor, termasuk pertumbuhan ekonomi, urbanisasi, dan kebijakan pembangunan daerah. Selain itu, pola ruang kota juga mengalami perubahan yang mencolok, dengan peningkatan kepadatan pemukiman di sekitar pusat kota dan perkembangan kawasan perumahan di pinggiran. Perkembangan tersebut cenderung membentuk pola linear dan pola meloncat. Kesimpulannya, perkembangan fisik dan pola ruang kota di kawasan perkotaan Luwuk mencerminkan dinamika urbanisasi dan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Banggai. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang transformasi kota kecil menjadi kawasan perkotaan yang berkembang, serta memberikan landasan bagi perencanaan perkotaan yang berkelanjutan di masa depan.

Kata kunci: Perkembangan Kota, Pola Ruang Kota, Kota Luwuk

References

S. I. Asy’ari, Sosiologi Kota dan Desa. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Republik Indonesia, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Indonesia, 2007.

R. M. Hendarto, Teori Perkembangan dan Pertumbuhan Kota. Makalah Diskusi Rutin: Fakultas Ekonomi, 1997.

H. S. Yunus, Struktur Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Ir, 2000.

Pontoh, N. K, and I. Kustiawan, Pengantar Perencanaan Perkotaan. Bandung: Penerbit ITB, 2009.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2009.

Afrizal, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Guntara, “Pengertian Overlay Dalam Sistem Informasi Geografi.”

Badan Pusat Statistik, “Kabupaten Banggai Dalam Angka 2022,” Luwuk, 2022.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Deltri Dikwardi Eisenring, Muhammad Najib, Amar, & Annisa Putri Magfira. (2024). Perkembangan Fisik Dan Pola Ruang Kota Pada Kawasan Perkotaan Luwuk Di Kabupaten Banggai. Jurnal Peweka Tadulako, 3(1), 24–36. https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.28