Persepsi Kepuasan Pemukim Berdasarkan Kondisi Lingkungan Hunian Tetap Tondo I Kota Palu

Authors

  • Fitriah Fajar Maghfirah Universitas Tadulako
  • Muhammad Najib
  • Rusli
  • Marwah Rahmat Karim

DOI:

https://doi.org/10.22487/peweka.v3i1.27

Keywords:

Kepuasan Pemukim, Hunian Tetap, Analisis Kepentingan Kinerja

Abstract

Sektor perumahan dan permukiman paling banyak mengalami kerugian/kerusakan akibat bencana yang terjadi di Kota Palu pada 28 September 2018 silam. Oleh karena itu, pemerintah menyediakan Hunian tetap sebagai tempat tinggal para korban bencana yang bersifat permanen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pemukim hunian tetap Tondo I pada aspek lokasi, prasarana lingkungan, dan sarana lingkungan. Kepuasan pemukim dapat terwujud apabila kebutuhan dan harapan terhadap lingkungan permukimannya dapat terpenuhi. Analisis data dilakukan menggunakan Uji Validitas Reliabilitas dan Analisis Deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa kondisi lingkungan permukiman di hunian tetap Tondo I yang masih belum optimal dalam penyediaannya sehingga menyebabkan kepuasan yang masih rendah. Selaras dengan hal tersebut, berdasarkan analisis gap antara kepuasan dan kepentingan yang mewakili harapannya, lima indikator yang perlu diperhatikan adalah: ketersediaan sarana pendidikan, ketersediaan sarana kesehatan, air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan layak dikonsumsi, lingkungan permukiman hunian tetap aman dari bencana banjir, dan lokasi hunian tetap cukup dekat/ mudah untuk menuju tempat kerja. Evaluasi untuk setiap indikator dilakukan berdasarkan Importance-Perfomance Analysis, terdapat enam indikator yang perlu mendapat prioritas utama pada Kuadran I yaitu: indikator lokasi hunian tetap cukup dekat/mudah untuk menuju tempat kerja, dan indikator lingkungan permukiman hunian tetap aman dari bencana banjir pada aspek Lokasi, indikator air bersih cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari dan layak dikonsumsi, dan indikator ketersediaan jaringan persampahan atau tempat pembuangan sampah pada aspek prasarana lingkungan, serta indikator ketersediaan sarana kesehatan di hunian tetap, dan indikator ketersediaan sarana pendidikan dan pembelajaran di hunian tetap pada aspek sarana lingkungan.

Kata kunci: Kepuasan Pemukim, Hunian Tetap, Analisis Kepentingan Kinerja

References

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. JURNAL KESEHATAN PERINTIS (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317

Tahir, M. A. (2019). Identifikasi Ketersediaan Sarana dan Prasarana Permukiman Pada Perumahan Sederhana di Perkotaan (Studi Kasus: Perumahan Perumnas Poasia Kota Kendari). Jurnal Malige Arsitektur, 1(1), 9–18.

Yuliarty, P., & Yahya, F. (2019). PENILAIAN KEPUASAN PENGHUNI APARTEMEN MEDITERANIA GARDEN RESIDENCE 2 DENGAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) (STUDI KASUS di PT PRIMA BUANA INTERNUSA). Industri Inovatif: Jurnal Teknik Industri, 8(2), 37–42. https://doi.org/10.36040/industri.v8i2.656

Zeithaml, V.A., Parasuraman, A. dan Berry, L.L., (1990), Delivering Quality Service, New York.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Fitriah Fajar Maghfirah, Muhammad Najib, Rusli, & Marwah Rahmat Karim. (2024). Persepsi Kepuasan Pemukim Berdasarkan Kondisi Lingkungan Hunian Tetap Tondo I Kota Palu. Jurnal Peweka Tadulako, 3(1), 9–23. https://doi.org/10.22487/peweka.v3i1.27