Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Harga Lahan di Koridor Jalan I Gusti Ngurah Rai Kota Palu

Authors

  • Aditya Tadulako University
  • Syarifuddin Tadulako University
  • Khairinrahmat Tadulako University
  • Iwan Setiawan Basri Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.22

Keywords:

Pengaruh Aksesibilitas, Harga Lahan

Abstract

Aksesibilitas adalah kemudahan mencapai kota atau wilayah lain yang berdekatan atau bisa juga dilihat dari sudut kemudahan mencapai wilayah lain yang berdekatan bagi masyarakat yang tinggal di kota. Selanjutnya dinyatakan dalam bentuk jarak, waktu, atau biaya. Jalan I Gusti Ngurah Rai masuk dalam jalan kolektor primer dan menjadi jalur penghubung antara Kecamatan Tatanga dan Kecamatan Palu Selatan sehingga memiliki nilai strategis seperti dekat dengan pusat kota,permukiman dan perdangangan. Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimanan pergaruh aksesibilitas terhadap harga lahan pada koridor Jalan I Gusti Ngurah Rai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kuantitatif. Dengan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis korelasi dan analisis regresi berganda. Hasil analisis korekasi  kofisien korelasi R 0,802 hal ini menunjukkan bahwa  variabel kondisi jalan (X1), sistem jaringan jalan (X2) dan pola pergerakan (X3), harga lahan (Y) memiliki pengaruh sangat kuat.Hasil analisis regresi berganda diperoleh hasil uji nilai signifikan dimiliki kondisi jalan (X1), sistem jaringan jalan (X2) dan pola pergerakan (X3) dengan nilai lebih kecil  dari pada  0.05 yaitu 0.005, 0.005 dan 0.014 Sedangkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yakni yaitu kondisi jalan (X1) 2.457, sistem jaringan jalan (X2) 2,673 dan pola pergerakan (X3) 2,210. Kesimpulan dari hasil ini menunjukan bahawa bahwa variable yang memiliki hubungan dan pengaruh yang sangat signifikan adalah kondisi jalan, sistem jaringan jalan, dan pola pergerakan memiliki hubungan sebesar 72% terhadap harga lahan 28% di pengaruhi oleh variable lain yang tidak terdapat pada penelitian ini.

References

Achmad Zultan M, Eko Sariyanto 2017. Analisis Pengaruh Aksesibilitas Ruas Jalan Yos Sudarso, Jalan Jendral Sudirman, dan Jalan Mulawarman Terhadap Nilai Jual Lahan di Kota Tarakan

Agnies Putri Dhijayanti (2012). Agnies Putri Dhijayanti. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Aksebilitas di Perlintasan Kereta Api Kota Surakarta.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Anonym, 2003, klasifikasi jalan berdasarkan tingkat kondisi jalan, Dinas Bina Marga

Anggit Swarna bumi, Switri Subiyanto, Yasser Wahyuddin 2021. Analisis Faktor Aksebilitas dan Lokasi Fasilitas Umum Fasilitas Sosial Terhadap harga Tanah di Kelurahan Cuturtunggal, Kabupaten Sleman.

Agus Sofian, Papia J. C Franklin & Suryono. Aksebilitas Ruas Jalan Kota-Tandano Terhadap Pertumbuhan Wilayah sekitarnya.

Bayuaji, A. (2004). Analisis Tingkat Aksesbilitas dengan Angkutan Umum Reguler di Kota Semarang. Semarang : Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Black. 1981. Urban transport Planning. London. : Croom Helm. Mengutip dari Tamin, Ofyar Z. “Perencanaan dan pemodelan Transportasi.” Bandung: ITB. 2001.

Fahirah, Dkk. 2010. Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Jual Lahan Dan Bangunan Pada Perumahan Tipe Sederhana, Jurnal Smartek, Vol. 8 No. 4, Nopember 2010: 251 – 269

Ghozali dalam Sujarweni (2015), Uji realibilitas. Semarang. Universitas Diponegoro

Ghozali (2016), Uji Koefisien Determinasi R2. Semarang. Universitas Diponegoro

Miro, Fidel, 2004.Perencanaan Transportasi Untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Penerbit PT. ERLANGGA, Jakarta.

Nurmandi, A. (2006). Inovasi Organisasi Publik: Implementasi Knowledge Management Mendorong Inovasi. JKAP (Jurnal Kebijakan dan Administrasi Publik), 10(2), 133-148.

Parlindungan, Boris. 2010. Analisis Pengaruh Tingkat Aksesibilitas Wilayah Terhadap Perkembangan Kecamatan di Kota Medan. Tesis Magister Sains Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pedesaan Universitas Sumatera Utara.

Prasetio, WahyuDwi (2016) Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Penentuan Harga Lahan Perumahan Formal di Kota Malang,.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung

Menurut Martono (2012:74), sampel merupakan bagian atau sejumlah cuplikan tertentu yang diambil dari suatu populasi dan diteliti secara rinci.

Tanaka, D. (2021). TA:Perubahan Pola Pergerakan Masyarakat Sekitar Jalan Sukajadi Pasca Rekayasa Lalu Lintas (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Nasional Bandung).

Tamin, O.Z. (1997). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung.

Tamin. O.Z. (2000). Perencanaan dan Permodelan Transportasi, Bandung, Penerbit ITB.

Undang – undang No. 38 Tahun Tahun 2004. Klasifikasi Jalan

Yossyafra, Benny Hidayat dan Ari Septa Yuda 2018. Aksebilitas Pergerakan Penghuni Akibat Pengaruh Kondisi Prasarana Jalan Berbagai Cluster Perumahan di Kota Padang

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Aditya, Syarifuddin, Khairinrahmat, & Iwan Setiawan Basri. (2023). Pengaruh Aksesibilitas Terhadap Harga Lahan di Koridor Jalan I Gusti Ngurah Rai Kota Palu. Jurnal Peweka Tadulako, 2(2), 228–235. https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.22