Identifikasi Kemacetan Kelurahan Tanamodindi Menggunakan Metode Space Syntax di Dukung Kinerja Lalu Lintas

Authors

  • Siti Hamdiyah Tadulako University
  • Rifai Mardin Tadulako University
  • Jurair Patunrangi Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.21

Keywords:

Kemacetan, Space Syntax, Derajat kejenuhan

Abstract

Transportasi sangat dibutuhkan dalam wilayah perkotaan sebagai faktor utama dalam kehidupan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Permasalahan transportasi yang kerap terjadi di perkotaan salah satunya adalah kemacetan lalu lintas. Tugas Akhir ini memaparkan Analisis Kemacetan yang berada di Kelurahan Tanamodindi menggunakan metode space syntax dengan data berupa peta axial line dan perhitungan Derajat kejenuhan untuk mengetahi titik dan tingkat kemacetan di jalan yang teridentifikasi rawan macet. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif yang didukung dengan metode pendekatan deskriptif yaitu data yang digunakan berdasarkan data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode analisis Space Syntax untuk menentukan titik keramaian di Kelurahan Tanamodindi. Analisis tersebut dibantu dengan perangkat lunak QGIS, dengan hasil yang diperhitungkan kembali menggunakan rumus derajat kejenuhan untuk mengetahui titik dan tingkat kemacetan di jalan yang teridentifikasi rawan macet. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan nilai integrity tinggi dari analisis space syntax yang menunjukan tiga ruas jalan yang sering terakses kendaraan di Kelurahan Tanamodindi yaitu, jalan merpati, veteran dan balaikota. Jalan merpati  memiliki kondisi lalu lintas sangat tinggi dengan derajat kejenuhan 1,212, jalan veteran memiliki kondisi lalu lintas padat dengan derajat kejenuhan 0,614 dan jalan balaikota memiliki kondisi lalu lintas rendah dengan derajat kejenuhan 0,202.

References

Antonio, pradana Heltra, dkk. 2015. Walkability Jalur Pedestrian by Design di Area Kampus Universitas Brawijawa Malang. Universitas Brawijaya Malang

Badan Pusat Statistik Kota Palu., Bappeda Kota Palu. (2021). Mantikulore Dalam Angka 2021. Palu : BPS Kota Palu dan Bappeda Kota Palu.

Eko Nugroho Julianti, 2010. “Hubungan Antar Kecepatan, Volume dan Kepadatan Lalulintas Ruas Jalan Siliwangi Semarang, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Fuad, Yassir. 2017. “Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Marelan Raya” Tugas Akhir tidak di terbitkan, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.

Lillesand, Kiefer, Penginderaan jauh dan Interpretasi Citra, Gajah Mada University Press, 1988.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997

Parlindungan Johanes .2019. “Korelasi Antara Konfigurasi Ruang Publik Dengan Interaksi Sosial: Pendekatan Space Syntax Dengan Studi Kasus Pada Kawasan Perumahan Di Kota Malang” Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya, Malang.

Sumadi. 2006. Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Veteran Kota Brebes. Disusun Dalam Rangka Memenuhi Persyaratan Program Studi Magister Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota. Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Siti Hamdiyah, Rifai Mardin, & Jurair Patunrangi. (2023). Identifikasi Kemacetan Kelurahan Tanamodindi Menggunakan Metode Space Syntax di Dukung Kinerja Lalu Lintas. Jurnal Peweka Tadulako, 2(2), 208–219. https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.21