Analisis Kesenjangan Terhadap Persepsi Pemukim Hunian Tetap Tondo 1 Kota Palu

Authors

  • Marwah Rahmat Karim Tadulako University
  • Fitriah Fajar Magfirah Tadulako University
  • Sri Mulyati Tadulako University
  • Deltri Dikwardi Eisenring Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.19

Keywords:

Kerentanan Sosial Ekonomi, Mitigasi Bencana

Abstract

Kota Palu merupakan salah satu wilayah yang memiliki tingkat rawan bencana gempa bumi yang tinggi. Besarnya dampak yang diakibatkan oleh berbagai bencana mengharuskan rencana pemulihan bencana untuk membangun sarana dan prasarana permukiman. Hunian tetap bagi masyarakat penyandang bencana atau yang diistilahkan dengan rumah “khusus“ ditujukan dalam rangka penyelenggaraan untuk memenuhi kebutuhan khusus sebagai tempat tinggal korban bencana. Hunian tetap yang ada di Kelurahan Tondo I menjadi salah satu lokasi yang ditempati masyarakat yang terdampak bencana. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kesenjangan terhadap persepsi pemukim Hunian Tetap Tondo I dilihat dari kondisi lingkungan permukiman. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan Gap Analysis untuk mengetahui kesenjangan atau perbedaan dan peringkat antara kepuasan dan harapan yang dilakukan dengan menggunakan bantuan software Ms. Excel dan SPSS untuk memudahkan peneliti dalam pengolahan data penelitian. Berdasarkan analisis kesenjangan masih terdapat gap antara kepentingan pemukim dan kepuasan (kenyataan kinerja pelayanan yang diterima). Kesenjangan tersebut ada sebagai akibat tidak terpenuhinya harapan pemukim. Pada aspek prasarana lingkungan dan sarana lingkungan ini merupakan indikator yang memiliki gap minus terbesar. Hal ini terjadi karena fasilitas yang dianggap penting, ternyata bagi pemukim hal tersebut dalam pelaksanaannya dianggap belum optimal atau belum memuaskan.

References

Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). No Analisis Kualitas Pelayanan Hunian Tetap Gunung Api Merapi. Title. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203.

Saliha, R., & Pakki, D. (2021). Kewajiban pemerintah menyediakan hunian tetap (hunian tetap) bagi korban gempa dan tsunami di Kab. Donggala. Maleo Law Journal, 5(2), 86–103.

Wulansari, M. A. D. (2014). Kepuasan Huni dan Perubahan Hunian pada Rumah Paska Bencana Erupsi Merapi. Temu Ilmiah IPLB, 1987, 27–33.

Downloads

Published

2023-11-10

How to Cite

Marwah Rahmat Karim, Fitriah Fajar Magfirah, Sri Mulyati, & Deltri Dikwardi Eisenring. (2023). Analisis Kesenjangan Terhadap Persepsi Pemukim Hunian Tetap Tondo 1 Kota Palu. Jurnal Peweka Tadulako, 2(2), 188–195. https://doi.org/10.22487/peweka.v2i2.19